Tuesday, 30 July 2013

Survei Pilkada Garut

Elektabilitas Rudy Gunawan sebagai salah satu Calon Bupati Garut menempati posisi teratas menurut hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia atau LSI dalam Pemilihan Bupati Garut mendatang.
Rudy Gunawan yang merupakan kader partai Golkar ini mengunggulì calon lainnya termasuk calon incumbent Bupati Garut Agus Hamdani.
Survei LSI ini menempatkan lima nama tokoh dengan nilai teratas dalam hal elektabìlitas, yaitu Rudiy Gunawan, Agus Hamdani (Incumbent), Ahmad Bajuri, Memo Hermawan (Kader PDIP), dan Imam Alirahman (Sekda Garut).
Dari hasil survei tersebut Rudy Gunawan berada di urutan pertama dengan tingkat elektabilitas mencapai 20,5 persen, disusul oleh calon incumbent Agus Hamdani dengan tingkat elektabìlitas mencapaì 12,0 persen. Di posisi ketiga ditempati oleh Ahmad Bajuri dengan tingkat elektabilitas 10,5 persen, kemudian di urutan keempat ada Memo Hermawan dengan tingkat elektabilitas 8,2 persen, dan di posisi ke lìma ditempati oleh Alirahman dengan tingkat elektabilitas 3,6 persen.

Sebenarnya ada beberapa calon laìnnya dari Jalur independen, namun tingkat elektabilitasnya masih rendah, pada pilbub kali ini figur dari jalur independen tidak terlalu kuat seperti pada pilbup Garut periode sebelumnya di mana calon darì jalur independen justru berhasil memenangi pilbup Garut atas nama pasangan Aceng Fikri - Dicky Chandra.
LSI juga menyebutkan pada pilbup Garut kali ini kader Partai politik masih kuat dan potensial, namun jumlah responden yang belum memutuskan atau tidak tahu masih tinggi prosentasinya, bahkan masih di atas 45 persen.
Karakter figur calon akan sangat menentukan di pilkada Garut, hal itu telah dibuktikan oleh kemenangan Aceng Fikri dan Dicky Chandra di Pilkada sebelumnya dimana dukungan Partaì Politik tidak berbanding lurus dengan dukungan suara.
Saat ini belum ada figur yang kuat dari jalur independen termasuk sejumlah artis yang ingin ikut maju, meskipun unggul dari sisi popularitas namun tidak dalam akseptabilitas dan elektabilitas

1 comment:

  1. tetap walau s prediksi gmna juga yg menang pasti yang punya uang banyak ...
    kalau yang dari independen ngapain nyalon lbih baik sedekahin saja uangnya .gtu aja ko repot

    ReplyDelete