Monday, 29 July 2013

Survei Pilkada Jeneponto

Elektabilitas paket pasangan calon Bupati Iksan Iskandar Kr Ninra - Mulyadi Mustamu berada di posisi teratas hasil survei pemilukada Kabupaten Jeneponto, hasil tersebut dikeluarkan oleh dua lembaga survei yakni Riset Analisis Publìk (RAP) dan Institute Survei Perilaku Politik (ISPP).
Hasil Survei RAP menempatkan pasangan calon Iksan-Mulyadi berada di posisi teratas dengan elektabilitas 43,5 persen, unggul 11 persen dari pesaing utamanya pasangan calon Ashari - Mahlili yang mendapat 32,1 persen. Sementara pasangan calon Suaib - Mappatunru berada di posisi ketiga dengan 2,1 persen.
Sedangkan responden yang menyebut tidak tahu/tidak jawab atau rahasia berjumlah 22,3 persen.

Hasil Survei ISPP juga menempatkan pasangan calon Iksan - Mulyadi di tempat teratas dengan elektabilitas 40,2 persen, kemudian di posisi kedua ditempati oleh pasangan calon Ashari - Mahlili Sikki dengan 31,9 persen. Sedangkan pasangan calon Suaib - Mappatunru berada diurutan ketiga dengan 1,8 persen.
Responden yang menyebut tidak tahu/tidak menjawab atau rahasia mencapai 26,1 persen.

Tingginya tingkat elektabilitas pasangan calon Iksan - Mulyadi, karena pasangan ini dinilai memiliki figur yang merakyat, jujur dan berpengalaman. Sementara kekalahan Ashari Faksirie yang merupakan putra dari Incumbent Bupati Rajamilo dalam survei yang dilakukan kedua lembaga tersebut mengingatkan pada putra Bupati Bone Idris Galigo. Andi Galigo di pilkada Bone Januari 2013 dan Andi Sheto Gadista Asapa Putra dari Bupati Sinjai Rudiyanto Asapa di pilkada Sinjai, dimana kedua putra mahkota itu juga mengalami kekalahan.

No comments:

Post a Comment