Thursday, 1 August 2013

Survei Pilgub Kaltim

Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur rencananya akan digelar pada tanggal 10 September 2013, namun gaungnya telah terdengar jauh-jauh hari, beberapa lembaga survei pun telah melakukan penelitian tentang elektabilitas dan popularitas para calon Gubernur yang akan bertarung dalam pilgub Kaltim mendatang.
Ada empat lembaga yang telah merilis hasil survei tersebut, keempat lembaga tersebut adalah Indobarometer, Lembaga Survei Indonesia (LSI), Pusat Studi Demokrasi dan HAM (Pusdeham) Surabaya dan Development Countries Studies Center (DCSC), keempat lembaga survei ini menggunakan metodologi yang sama yaitu Multistage Random Sampling, dengan sebaran sampel yang proporsional dengan data BPS. Pertanyaan terbuka (top of mind) pertama untuk menjaring nama-nama tokoh langsung dari masyarakat atau responden.
Dari tahapan ini terjaringlah beberapa nama tokoh seperti, Awang Faroek Ishak, Rita Widyasari, Yusuf SK, imdaad Hamid, Luther Kombong, Mukmin Faisal, Israan Noor, Hadi Mulyadì, Emor Moeis, Makmur HAPK, Farid Wadjdy, Mahyudin, Darlis Pettalongi dan nama-nama lainnya.

Dari Hasil Survei tersebut, keempat lembaga itu menempatkan nama Awang Faroek Ishak di tempat teratas dengan tingkat elektabilìtas tertinggi dengan memperoleh prosentase antara 37,7 persen hingga 48,9 persen, kemudian di posisi kedua ada nama Rita Widyasari yang memperoleh angka prosentase dikisaran 6 persen hingga 7,3 persen. Sementara nama-nama tokoh yang lain sepertì Imdaad Hamid, Yusuf SK, Mukmin Faisyal dan Israan Noor hanya memiliki elektabilìtas rata-rata dibawah 5 persen.
Tingginya elektabilitas Awang Faroek ini karena sudah dikenal hampir seluruh masyarakat Kalimantan Timur dengan tingkat popularitas sangat tinggi antara 90 persen hingga 97 persen.
Survei kepuasan publik terhadap Awang Faroek sebagai Gubernur Kaltim pun cukup tinggi yakni 56 persen hingga 68 persen.

Sementara itu popularitas tokoh lainnya masih bersifat lokal kewilayahan seperti Rita Widyasari di Kutai Kartanegara, Yusuf SK di Tarakan, Israan Noor di Kutai Timur, Imdaad Hamid di Balikpapan dan lain-lainnya.

No comments:

Post a Comment