Thursday, 1 August 2013

Survei Pilkada Luwu

Hasil mengejutkan dikeluarkan oleh Lembaga Survei Celebes Research Center atau CRC terkait elektabilitas calon incumbent pada survei pemilihan bupati Kabupaten Luwu 2013.
Menurut hasil survei CRC elektabilitas Bupati Luwu, Andi Mudzakkar hanya 26,25 persen, kalah jauh dari mantan Bupati Luwu Basmin Mattayang yang meraih 59,75 persen.
Survei ini dilakukan pada bulan Februari yang lalu, dan melakukan simulasi untuk tiga nama calon Bupati yaitu Andi Mudzakkar, Basmin Mattayang dan Syukur Bijak.
Dari hasil survei itu Basmin Mattayang memperoleh 52,50 persen yang menjadikannya sebagai calon bupati dengan elektabilitas tertinggi, sementara itu sang incumbent Andi Mudzakkar berada di urutan kedua dengan tingkat elektabilitas 24 persen, Sedangkan Syukur bìjak berada di posisi ketiga dengan tingkat elektabilitas sebesar 12,25 persen. Sementara itu responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab ada 11,25 persen.

Selanjutnya simulasi dilakukan juga dengan empat nama calon yakni Andi Mudzakkar, Basri Suli, Basmin Mattayang dan Ansar Pandaka, dan hasilnya pun tidak jauh berbeda. Basmin Mattayang tetap berada di posisi teratas dengan tingkat elektabilitas mencapai 56 persen, di urutan kedua juga ditempati oleh Andi Mudzakkar dengan tingkat elektabilitas 25 persen. Di urutan ketiga ada Basri Suli dengan tingkat elektabìlitas 2,50 persen dan Ansar Pandaka di urutan keempat dengan tingkat elektabilitas sebesar 1,75 persen.

Hasil yang diperoleh incumbent itu sejalan dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Andi Mudzakkar yang hanya memperoleh 48,5 persen responden yang menjawab cukup puas, 2 persen sangat puas, 36,75 persen kurang puas dan 2,75 persen tidak puas sama sekali.

Kemudìan survei persepsi publik yang menginginkan Andi Mudzakkar maju kembali sebagai Bupati Luwu pada periode berikutnya hanya 33,50 persen, yang tidak menginginkan 41 persen, dan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 25,50 persen.
Survei CRC ini dilakukan di akhir Februari 2013, sample 400 dengan margin error 5 persen pada tingkat kepercayaan.

No comments:

Post a Comment