Tuesday, 30 July 2013

Survei Pilkada Garut

Elektabilitas Rudy Gunawan sebagai salah satu Calon Bupati Garut menempati posisi teratas menurut hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia atau LSI dalam Pemilihan Bupati Garut mendatang.
Rudy Gunawan yang merupakan kader partai Golkar ini mengunggulì calon lainnya termasuk calon incumbent Bupati Garut Agus Hamdani.
Survei LSI ini menempatkan lima nama tokoh dengan nilai teratas dalam hal elektabìlitas, yaitu Rudiy Gunawan, Agus Hamdani (Incumbent), Ahmad Bajuri, Memo Hermawan (Kader PDIP), dan Imam Alirahman (Sekda Garut).
Dari hasil survei tersebut Rudy Gunawan berada di urutan pertama dengan tingkat elektabilitas mencapai 20,5 persen, disusul oleh calon incumbent Agus Hamdani dengan tingkat elektabìlitas mencapaì 12,0 persen. Di posisi ketiga ditempati oleh Ahmad Bajuri dengan tingkat elektabilitas 10,5 persen, kemudian di urutan keempat ada Memo Hermawan dengan tingkat elektabilitas 8,2 persen, dan di posisi ke lìma ditempati oleh Alirahman dengan tingkat elektabilitas 3,6 persen.

Sebenarnya ada beberapa calon laìnnya dari Jalur independen, namun tingkat elektabilitasnya masih rendah, pada pilbub kali ini figur dari jalur independen tidak terlalu kuat seperti pada pilbup Garut periode sebelumnya di mana calon darì jalur independen justru berhasil memenangi pilbup Garut atas nama pasangan Aceng Fikri - Dicky Chandra.
LSI juga menyebutkan pada pilbup Garut kali ini kader Partai politik masih kuat dan potensial, namun jumlah responden yang belum memutuskan atau tidak tahu masih tinggi prosentasinya, bahkan masih di atas 45 persen.
Karakter figur calon akan sangat menentukan di pilkada Garut, hal itu telah dibuktikan oleh kemenangan Aceng Fikri dan Dicky Chandra di Pilkada sebelumnya dimana dukungan Partaì Politik tidak berbanding lurus dengan dukungan suara.
Saat ini belum ada figur yang kuat dari jalur independen termasuk sejumlah artis yang ingin ikut maju, meskipun unggul dari sisi popularitas namun tidak dalam akseptabilitas dan elektabilitas

Monday, 29 July 2013

Survei Pilkada Jeneponto

Elektabilitas paket pasangan calon Bupati Iksan Iskandar Kr Ninra - Mulyadi Mustamu berada di posisi teratas hasil survei pemilukada Kabupaten Jeneponto, hasil tersebut dikeluarkan oleh dua lembaga survei yakni Riset Analisis Publìk (RAP) dan Institute Survei Perilaku Politik (ISPP).
Hasil Survei RAP menempatkan pasangan calon Iksan-Mulyadi berada di posisi teratas dengan elektabilitas 43,5 persen, unggul 11 persen dari pesaing utamanya pasangan calon Ashari - Mahlili yang mendapat 32,1 persen. Sementara pasangan calon Suaib - Mappatunru berada di posisi ketiga dengan 2,1 persen.
Sedangkan responden yang menyebut tidak tahu/tidak jawab atau rahasia berjumlah 22,3 persen.

Hasil Survei ISPP juga menempatkan pasangan calon Iksan - Mulyadi di tempat teratas dengan elektabilitas 40,2 persen, kemudian di posisi kedua ditempati oleh pasangan calon Ashari - Mahlili Sikki dengan 31,9 persen. Sedangkan pasangan calon Suaib - Mappatunru berada diurutan ketiga dengan 1,8 persen.
Responden yang menyebut tidak tahu/tidak menjawab atau rahasia mencapai 26,1 persen.

Tingginya tingkat elektabilitas pasangan calon Iksan - Mulyadi, karena pasangan ini dinilai memiliki figur yang merakyat, jujur dan berpengalaman. Sementara kekalahan Ashari Faksirie yang merupakan putra dari Incumbent Bupati Rajamilo dalam survei yang dilakukan kedua lembaga tersebut mengingatkan pada putra Bupati Bone Idris Galigo. Andi Galigo di pilkada Bone Januari 2013 dan Andi Sheto Gadista Asapa Putra dari Bupati Sinjai Rudiyanto Asapa di pilkada Sinjai, dimana kedua putra mahkota itu juga mengalami kekalahan.

Sunday, 28 July 2013

Pengundian Nomor Urut Calon Bupati Garut

10 Pasangan Calon Bupati Kabupaten Garut telah mendapatkan nomor urut tanda keikut sertaan mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pemilukada Kabupaten Garut yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2013 mendatang.
Nomor urut ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Garut setelah melalui Proses pengundian yang dilakukan di gedung Mutiara pada hari kamis yang berlangsung hingga pukul 23.00 WIB. Proses pengundian tersebut dihadiri oleh masing-masing tim sukses dan tamu undangan.

Berikut ini daftar pasangan calon bupati Garut beserta nomor urutnya :

Pasangan calon dengan nomor urut 1 yaitu Dedi Suryadi - Deddy Dores, dari Jalur Perseorangan.

Pasangan calon dengan nomor urut 2 yaitu Yamin Supriatna - Dadan Ramdani, dari jalur perseorangan.

Pasangan Calon dengan nomor urut 3 yaitu Sirojul Munir - Iwan Suwarsa, dari jalur perseorangan.

Pasangan calon dengan nomor urut 4 yaitu Memo Hermawan - Ade Ginanjar, diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar.

Pasangan calon dengan nomor urut 5 yaitu Agus Hamdani (Bupati Garut Saat ini) - Addusy Syakur yang diusung oleh PPP dan PKB.

Pasangan calon dengan nomor urut 6 yaitu Nadiman - Holil Aksan Umarzen yang diusung oleh 20 Partai Politik non Parlemen hasil pemilu 2009.

Pasangan calon dengan nomor urut 7 yaitu Saeful Anwar - Serli Besi, diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hanura.

Pasangan calon dengan nomor urut 8 yaitu Rudy Gunawan - Helmi Budiman, diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Pasangan calon dengan nomor urut 9 yaitu Ahmad Bajuri - An An Kusmardian, yang diusung oleh Partai Demokrat.

Pasangan calon dengan nomor urut 10 yaitu Dede Kusdinar - Endang Suryana, dari jalur perseorangan.

Friday, 26 July 2013

Pengundian Nomor Urut Calon Bupati Subang

Pada hari kamis tanggal 25 Juli 2013 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Subang menggelar acara pengundian nomor urut pasangan calon Bupati Subang yang bertempat di Lapangan Benteng Pancasila.
Penjagaan ketat yang dilakukan oleh aparatpun nampak terlihat dalam acara pengundian yang digelar secara marathon yang dimulai pukul 16.00 WIB itu, hal ini tentunya untuk memberi keamanan kepada para pasangan calon yang akan berlaga memperebutkan kursi nomor satu dan dua di Kabupaten Subang selama lima tahun mendatang.

Inilah hasil dari pengundian nomor urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang selengkapnya :

Pasangan dengan nomor urut 1 :
Agus Masykur Rosyadi - Asep Dimyati.

Pasangan dengan nomor urut 2 :
Makmur Sutisna - Asep Muslihat.

Pasangan dengan nomor urut 3 :
Ahmad Juanda - Ade Suhaya.

Pasangan dengan nomor urut 4 :
Ojang Sohandi - Imas Aryumningsih.

Pasangan dengan nomor urut 5 :
M. Riza Hanafi - Ade Kosasih.

Pasangan dengan nomor urut 6 :
Atin Supriatin - Nina Nurhayati.

Pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Subang tersebut rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 8 September 2013.

Survei Pemilukada Kabupaten Cirebon

Seperti biasa setiap menjelang diselenggarakannya sebuah Pemilukada, hampir selalu ada survei elektabilitas dan popularitas para calon kepala daerah tersebut beberapa bulan sebelumnya. Begitu pula dengan pemilihan Kepala daerah di Kabupaten Cirebon.
Pada tanggal 25-30 Mei 2013 yang lalu sebuah lembaga survei nasional bernama Komite Pemilih Indonesia (KPì) melakukan survei elektabilitas para calon Bupati Cirebon dengan metode face to face interview dengan jumlah sampel 600 responden, mewakili tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin error 4 persen.
Penentuan sampel dilakukan melalui multi stage random sampling, dimana sampel responden tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon dan didistribusikan ke 110 Desa/Kelurahan terpilih ditentukan secara random responden di KK terpilih ditentukan melalui KisGrid.

Risil hasil survei KPI itu memunculkan nama H. Tarmadi yang memiliki tingkat elektabilitas atau keterpilihan tertinggi dibandingkan dengan calon-calon lainnya.
Ada 63 persen pemilih yang sudah menetapkan pilihan dan terdistribusikan secara signifikan ke beberapa kandidat.
H. Tarmadi memperoleh rating tertinggi dengan 16,2 persen, kemudian ditempat kedua yaitu H. Qomar dengan 9,2 persen,. Berikutnya diposisi ketiga ada H. Ason Sukasa dengan 8,5 persen, kemudian di urutan keempat yaitu Sunjaya dengan 7,3 persen, kemudian di tempat kelima ada Hj. Sri Heviana dengan 6,3 persen, selanjutnya di posisi keenam ada Zakaria Machmud dengan 5,7 persen dan terakhir adalah Luthfi dengan 4,2 persen serta sisanya terdistribusi secara merata ke beberapa kandidat yang muncul di publik.

Sedangkan dari sudut popularitas kandidat ada 92 persen pemilih yang sudah mengenal para calon bupati yang bermunculan di publik, dari aspek popularitas ini justru nama H. Qomar berada di posisi teratas dengan perolehan 62 persen, disusul di tempat kedua H. Ason Sukasa dengan 43,7 persen, kemudian di tempat ketiga H. Tarmadi dengan 41,2 persen, lalu Sunjaya di posisi keempat dengan 26,8 persen dan sisanya terdìstribusi secara merata pada calon-calon lainnya.

Meningkatnya popularitas diimbangi peningkatan elektabilitas yang proporsional membuat potensi meningkat secara beriringan menjadi lebih besar, sebaliknya jika tingkat popularitas calon tinggi dengan hasil elektabilitas yang rendah, maka potensi untuk meningkatkan keterpilihan calon diprediksi akan semakin sulit.

Pengumuman Lowongan CPNS 2013 Untuk Pemda-Pemda dan Lembaga Pemerintah

Pemerintah Indonesia pada bulan Juli 2013 ini mulai membuka lowongan kerja untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk memenuhi kekosongan jabatan yang disebabkan adanya pegawai yang pensiun..
Sudah ada beberapa instansi dan pemerintah daerah baik tingkat Kabupaten /Kota atau Propinsi yang telah mengusulkan formasi Penerimaan CPNS tahun 2013 atau daerah yang memenuhi syarat-syarat penerimaan CPNS tahun 2013 ini.

Inilah daftar beberapa instansi Pemerintah yang membuka lowongan CPNS di tahun 2013 ini :

.-> Daftar Penerimaan CPNS 2013 Instansi Pemerintah Pusat (Badan/Lembaga/Kementerian) :

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
2. Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
3. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).
4. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

-> Daftar Penerimaan CPNS 2013 Instansi Pemerintah Daerah Propìnsi dan Kabupaten/Kota:

- PEMERINTAHAN PROPINSI
1. Propinsi DKI Jakarta
2. Propinsi Banten
3. Propinsi Kalimantan Timur
4. Propinsi Yogyakarta
5. Propinsi Jawa Timur
6. Propinsi Kalimantan Barat
7. Propinsi Sulawesi Selatan
8. Propinsi Riau
9. Propinsi Sumatera Utara
10. Propinsi Jambi.

- PEMERINTAHAN KABUPATEN/KOTA
1. Kota Bekasi
2. Kabupaten Bekasi
3. Kabupaten Bandung Barat
4. Kabupaten Sleman
5. Kabupaten Batang
6. Kabupaten Boyolali
7. Kota Sibolga
8. Kabupaten Labuhan Batu Utara
9. Kabupaten Labuhan Batu Selatan
10. Kabupaten Mamuju
11. Kabupaten Bungo
12. Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep)
13. Kabupaten Serang
14. Kota Serang
15. Kabupaten Kota Baru
16. Kabupaten Penajam Utara
17. Kabupaten Banyumas
18. Kota Balikpapan
19. Kabupaten Sarolangun
20. Kabupaten Bojonegoro
21. Kabupaten Subang
22. Kabupaten Sukoharjo
23. Kota Palangkaraya
24. Kota Batam
25. Kota Dumai
26. Kabupaten Meranti
27. Kabupaten Klaten
28. Kabupaten Kapuas Hulu
29. Kabupaten Bogor.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Azwar Abubakar mengatakan Tahun ini penerimaan CPNS formasi baru adalah 60.000 orang, jumlah ini sekitar 50 persen dari total jumlah PNS yang pensiun tahun ini. Pembukaan pengumumun CPNS mulai dibuka pada bulan Julì 2013.

Tuesday, 23 July 2013

Survei Capres 2014 Versi IRC

Indonesia Research Center (IRC) baru-baru ini merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas dan popularitas calon presiden 2014, dari hasil survei tersebut lagi-lagi nama gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berada di posisi pertama unggul cukup jauh dari calon-calon presiden lainnya.

Jokowi berada di peringkat pertama dengan 32 persen suara, kemudian diikuti oleh Prabowo yang diusung oleh Partai Gerindra di peringkat kedua dengan 8,2 persen suara. Di posisi ketiga ada Wiranto dengan 6,8 persen suara, lalu Megawati Soekarnoputri yang berada di posisi keempat dengan 6,1 persen suara. Menyusul kemudian Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dengan 3,3 persen suara.
Dari survei di atas ada hal yang cukup menarik, yaitu meningkatnya elektabilitas dan popularitas Wiranto yang biasanya berada di kisaran 3-4 persen namun kini bisa mencapai 6,8 persen, kenaikan yang cukup signifikan ini kemungkinan karena imbas dari deklarasi Capres-Cawapres Wiranto-Hary Tanoesoedibjo yang dilakukan pada tanggal 2 Juli 2013 yang lalu.

IRC melakukan survei kepada para pemilik di sebelas Kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Bandar Lampung, Makassar, Denpasar, Medan, Palembang, Tangerang, Semarang dan Samarinda pada tanggal 8-11 Juli 2013, Jumlah responden 794 orang yang dipilih secara acak dari buku telepon residensial terbaru terbitan telkom. Dengan jumlah sampel di atas maka margin of errornya lebih dari 3,48 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survey Pilgub Jawa Timur

Dari hasil survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga yang bernama Proximity tentang akan diselenggarakannya pemilihan Gubernur Jawa Timur pada tanggal 29 Agustus 2013 mendatang menunjukkan kebanyakan masyarakat Jawa Timur masih belum begitu antusias, hasil survei Proximity terbaru menunjukkan hanya 18,7 persen responden yang menyatakan sudah mengetahui kalau pemilihan gubernur Jawa Tìmur akan digelar pada tanggal 29 Agustus 2013. Bahkan hanya 12,6 persen yang mengaku mengetahui nama-nama pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur untuk periode 2014-2019 tersebut.

Survei yang dilakukan oleh Proximity ini dimulai pada awal hingga pertengahan Juni 2013 yang lalu dengan jumlah responden 1.200 orang di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Penelitian menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 2,8 persen.

Sementara untuk survei elektabilitas dan popularitas pasangan cagub/cawagub masih didominasi oleh pasangan calon Petahana yaitu Soekarwo - Saifullah Yusuf (KARSA) yang berada dikisaran 62,5 persen, jauh mengungguli para calon lainnya.

Sunday, 21 July 2013

Survei Pilkada Kota Tangerang

Pemilihan Walikota Tangerang akan digelar pada bulan Agustus 2013, dari hasil penelitian beberapa lembaga Survei nama Wakìl Walìkota Arief R Wìsmansyah menjadi calon walikota Tangerang dengan elektabilitas tertinggi. Ada delapan lembaga yang merilis hasil survei pemilihan walikota Tangerang untuk periode 2013-2018 itu, ke delapan lembaga survei itu di antaranya adalah Indo Barometer, Lembaga Survei Indonesia, Institute for Development and Democrazy Studies (IDDS), Lingkaran Survei Kebijakan Publik (LSKP) dan IndoSurvei and Strategic (ISS).

Dalam hasil survei itu Arief Wilmansyah mengungguli calon lainnya seperti Dedi Gumelar (Miing), Abdul Syukur dan Harry Mulya Zein..
Menurut hasil survei yang dilakukan oleh IndoSurveì and Strategic, elektabilitas Arief Wilmansyah unggul dengan 50 persen suara, di posisi kedua ditempati oleh Abdul Syukur dengan 10,9 persen suara, berikutnya Dedi Gumelar alias Miing dengan elektabilitas 5,5 persen, dan disusul oleh Harry Mulya Zein dengan 3,0 persen suara.
Sementara dari Popularitas Arief unggul dengan 76,5 persen, Miing 54,9 persen, Abdul Syukur 52,7 persen dan Hary Mulya 28,4 persen.

Tingginya elektabilitas dan Popularitas Arief Rahman kemungkinan besar karena kepuasan masyarakat Tangerang dengan berbagai keberhasilannya dalam memimpin Tangerang sebagai wakil walikota mendampingi walikota Tangerang Wahidin Alim.

Thursday, 18 July 2013

Polling Pilkada Wajo 2013

Pesta demokrasi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan rencananya akan digelar pada tanggal 18 September 2013, namun gaungnya sudah mulai terasa di sebagian masyarakat Wajo, hal inì pun dirasakan oleh beberapa media di daerah Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah belawa.com, situs media online ini berinsiatif melakukan polling untuk mengetahui pasangan calon bupati Wajo mana yang menjadi pilihan masyarakat Wajo. Dari polling sementara itu pasangan Amanah masih unggul untuk sementara ini dengan 36 persen suara, diikuti di bawahnya pasangan Asyik dengan raìhan suara sementara 30 persen.

Seperti diketahui sebelumnya, ada 6 pasangan calon bupati Wajo yang telah terdaftar untuk mengikuti pilkada Wajo, mereka adalah, pasangan Andi Suriadi Belo - Sabarrudin Mallo (SMS), Amran Mahmud - Yusuf Machmud Machmud Korosi (AMANAH), Andi Safri Moddìng - Rahman Rahim (TABE-SAMAKI), Andi Burhanuddin Unru - Andi Syahrir Kube (Asyik), Sanusi Karateng - Andi Surya Agraria (SUTERA) dan Andi Asriadi Mayang - Saìdiman (AMIN).

Berikut ini polling sementara dari belawa.com hingga 30 Juni 2013:

1. Amran Mahmud - Andi Muh Yusuf Korosi (AYM-AMANAH)
36 persen atau 87 suara.
2. Andi Burhanuddin Unru - Andi Syahrir Kube Dauda (Asyik) 30 persen atau 74 suara.
3. Andi Safri Moddìng - Rahman Rahim (TABE'SAMAKI) 12 persen atau 29 suara.
4. Andi Suriadi Belo - Sabarudin Mallo (SMS) 12 persen atau 28 suara.
5. Sanusi Karateng - Andi Surya Agraria (SUTERA) 6 persen atau 14 suara.
6. Andi Asriadi Mayang - H. Saìdiman (AMIN) 4 Persen atau 11 suara.

Total suara masuk dalam polling tersebut 243.

Hasil polling ini tentu saja hanya sementara, kemungkinan perubahan urutan pun masih bisa berubah mengingat pelaksanaan pemilukada akan dìgelar pada 18 september 2013 nanti, tinggal bagaimana para pasangan calon dan tim suksesnya dalam meningkatkan elektabilitas serta ke mampuan dalam meyakinkan masyarakat Wajo untuk memilih mereka..

Tuesday, 16 July 2013

Hasil Akhir Piala Dunia 1986

Sekedar mengingat masa lalu pada salah satu momen sejarah sepakbola Piala Dunia pada tahun 1986 yang menghasilkan Juara Dunia, yakni Argentina setelah difinal mampu mengalahkan Jerman Barat 3-2.
Berikut ini adalah hasil dan penghargaan penyelenggaraan piala dunia 1986 di Meksiko :

->Juara : Argentina
-> Runner Up : Jerman Barat
-> Juara ke-3 : Perancis
-> Juara ke-4 : Belgia.

Hasil selengkapnya peringkat ke 24 tim peserta Piala Dunia 1986 beserta asal konfederasinya:

1. Argentina - CONMEBOL
2. Jerman Barat - UEFA
3. Perancis - UEFA
4. Belgia - UEFA
5. Brazil - CONMEBOL
6. Meksiko - CONCACAF
7. Spanyol - UEFA
8. Inggris - UEFA
9. Denmark - UEFA
10. Uni Soviet - UEFA
11. Maroko - CAF
12. Italia - UEFA
13. Paraguay - CONMEBOL
14. Polandia - UEFA
15. Bulgaria - UEFA
16. Uruguay - CONMEBOL
17. Portugal - UEFA
18. Hongaria - UEFA
19. Skotlandia - UEFA
20. Korea Selatan - AFC
21. Irlandia Utara - UEFA
22. Aljazair - CAF
23. Irak - AFC
24. Kanada - CONCACAF.

-> Pemain Terbaik:
1. Diego Maradona - Argentina- Bola Emas
2. Harald Schumacher - Jerman Barat - Bola Perak
3. Preben Elkjaer - Denmark - Bola Perunggu.

-> Pencetak Gol Terbanyak :
6 Gol : Gary Lineker (Inggris), mendapat Sepatu Emas.
5 Gol : Diego Maradona (Argentina), Careca (Brazil), Emilio Butragueno (Spanyol), mendapat Sepatu Perak.
4 Gol : Jorge Valdano (Argentina), Preben Elkjaer Larsen (Denmark), Alessandro Altobelli (Italia), Igor Belanov (Bulgaria) mendapat Sepatu Perunggu.

-> Penjaga Gawang Terbaik :
Harald Schumacher (Jerman Barat) mendapat penghargaan Yashin.

-> Pemain Muda Terbaik :
Enzo Scifo (Belgia).

-> Tim Fair Play :
Brazil

-> Pemain Pilihan FIFA Piala Dunia 86 :

No. Nama - Posisi - Negara
1. Harald Schumacher - Kiper - Jerman Barat
2. Josimar - Belakang - Brazil
3. Julio Cesar - Belakang - Brazil
4. Manuel Amoros - Belakang - Perancis
5. Diego Maradona - Tengah - Argentina
6. Jan Ceulemans - Tengah - Belgia
7. Jean Tigana - Tengah - Perancis
8. Michel Platini - Tengah - Perancis
9. Preben Elkjaer Larsen - Depan - Denmark
10. Gary Lineker - Depan - Inggris
11. Emilio Butragueno - Depan - Spanyol.

Sunday, 14 July 2013

Keputusan Pleno KPU Jatim: Khofifah Tak Lolos

Pasangan Khofifah Indar Parawansa - Herman Sumawiredja akhirnya dinyatakan tidak lolos sebagai calon peserta pemilihan Gubernur Jawa Timur oleh KPU Jatim karena dinilai tidak memenuhi syarat dukungan.. Keputusan ini tertuang dalam Berita Acara Nomor 56/BA/PKD.JTM/VII/2013 tentang penetapan Pasangan Calon Gubernur.
Rapat pleno untuk menghasil keputusan ini berjalan alot dan baru bisa diputuskan lima menit menjelang batas waktu penetapan atau sekitar jam 23.55 WIB. Keputusan akhirnya dilakukan secara voting karena alotnya pembahasan dukungan ganda dari DPD Partai Kedaulatan (PD) Jatim dan DPW Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI) Jatim, dan hasilnya tiga komisioner menyatakan pasangan Khofifah - Herman tidak memenuhi syarat, satu komisioner menyatakan memenuhi syarat, dan satu komisioner berpendapat dukungan PK ke Khofifah memenuhi syarat dan PK ke Karsa tidak memenuhi syarat. Kemudian, PPNUI pendukung Khofifah tidak memenuhi syarat dan PPNUI pendukung Karsa memenuhi syarat.

Dengan hasil keputusan pleno tersebut maka hanya ada tiga nama pasangan yang lolos yaitu Pasangan Soekarwo - Saifullah Yusuf, Pasangan Bambang DH - Said Abdullah dan Pasangan Eggi Sudjana - M. Sihat.

Survei Pilwali Makassar

Pasangan Supomo Guntur - Kadir Halid (SUKA) masih menempati posisi teratas dari survei terakhir yang dilakukan oleh Celebes Research Center (CRC). Elektabilitas pasangan SUKA yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini bahkan menembus angka 31 persen, jika angka ini dapat dipertahankan pada saat hari pencoblosan nanti maka pasangan SUKA berpeluang menang dalam satu putaran saja.
Sementara elektabilitas tertinggi kedua ditempati oleh pasangan Danny Pomanto - Syamsu Rizal (DIA), kemudian di tempat ketiga ada pasangan Adi Patu - Isradi Zainal, kedua pasangan ini elektabilitasnya di bawah 20 persen.
Sementara dari survei internal Golkar pasangan SUKA lebih tinggi lagi elektabilitasnya dengan angka 33 persen.

Hasil serupa juga terjadi pada survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indeks Politika Indonesia (IPI) yang menempatkan pasangan SUKA di tempat teratas., namun memprediksi Pilwali Makassar akan berlanjut ke putaran kedua dengan jatah satu lagi yang lolos dari empat pasangan calon lainnya yaitu DIA, NOAH, ADIL dan TAMSIL untuk berhadapan dengan pasangan SUKA.

Sementara itu Lembaga Biro Survei Nusantara (BSN) juga menempatkan pasangan SUKA ditempat teratas dalam Pilwali Makassar tersebut, pasangan ini ditempel oleh pasangan Adil Patu- Isradi Zainal yang diusung oleh Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dan Partai Gerindra di tempat kedua.

Hasil-hasil survei tersebut masih bersifat sementara mengingat hari pencoblosan yang rencananya akan digelar pada bulan september nanti, atau tepatnya pada tanggal 18 September 2013. Jadi peningkatan dan penurunan elektabilitas para pasangan calon masih bisa terjadi.

Saturday, 13 July 2013

Survei Elektabilitas Calon Presiden 2014

Pemilu 2014 masih satu tahun lagi, namun nama bursa Calon Presiden telah mengemuka di ranah publik, bahkan beberapa partai telah resmi mengumumkan calon presiden yang diusungnya, yaitu Partai Golkar yang mengusung Abu Rìzal Bakrie, kemudian Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto dan Partai Hanura yang mengumumkan Capres dan cawapresnya sekaligus yaitu Wiranto dan Hari Tanoesoedibjo.

Dari hasil survei beberapa lembaga survei ada dua nama yang selalu berada di atas, mereka adalah Joko Widodo yang sekarang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Prabowo Subianto, meskipun belum ada pernyataan untuk maju menjadi capres, namun nama Joko Widodo selalu berada di puncak jika diikut sertakan pada hasil survei, namun jika hasil survei tidak mengikut sertakan nama Joko Widodo, maka nama Prabowo Subianto lah yang memiliki elektabilitas tertinggi mengungguli tokoh-tokoh lainnya.

Lembaga Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga melakukan survei mengenai elektabilitas Calon Presiden Yang dilakukan antara 10-31 Mei 2013, dan hasilnya menunjukkan Joko Widodo menduduki peringkat teratas, sementara Prabowo Subianto di peringkat ke 2. Sementara itu Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menempati posisi ke 3.
Berikut ini daftar selengkapnya hasil survei elektabilitas calon presiden versi LIPI :

1. Joko Widodo : 22,6 persen
2. Prabowo Subianto : 14,2 persen
3. Aburizal Bakrie 9,4 persen
4. Megawati Soekarnoputri : 9,3 persen
5. Jusuf Kalla : 4,2 persen
6. Rhoma Irama : 3,5 persen
7. Wiranto : 3,4 persen
8. Mahfud MD : 1,9 persen
9. Hatta Rajasa : 1,2 persen
10. Sri Sultan Hamengku Buwono X : 1,2 persen
11. Surya Paloh : 1,2 persen
12. Lain-lain : 4,4 persen.

Friday, 12 July 2013

Survei TII : DPR Dan Partai Politik Jadi Lembaga Terkorup

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Transparency Internasional Indonesia (TII) tentang lembaga terkorup, rakyat Indonesia berpandangan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Partai Politik merupakan lembaga yang paling korup di Indonesia.

Beberapa anggota DPR yang diminta tanggapannya atas hasil survei TII tersebut mengatakan menghormati hasil survei TII itu selama hasil survei tersebut dilakukan dengan standar yang bisa dipertanggungjawabkan.

Hasil survei TII harusnya membuat para anggota DPR malu dan segera introspeksi diri, agar bisa memperbaiki reputasinya yang telah dinilai buruk oleh sebagian masyarakat Indonesia dengan banyaknya anggota yang terlibat dalam tindak pidana korupsi.
Demikian pula dengan partai politik yang juga dipandang korup oleh masyarakat. Ketidakpercayaan masyarakat bisa dirasakan dengan tingginya tingkat golput di banyak pemilihan kepala daerah dan beberapa pemilu terakhir.

Polling Calon Gubernur Riau

Meski pemilukada Riau baru akan dilaksanakan pada bulan september mendatang namun beberapa lembaga survei dan media sudah melakukan survei atau Polling pasangan calon manakah yang paling populer dan diminati warga Riau, salah satunya adalah polling yang dilakukan oleh riaupos.co, dari hasil polling sementara pada tanggal 7 Juli 2013 pukul 07.00 WIB itu, pasangan Herman Abdullah - Agus Widayat masih unggul atas keempat calon pasangan lainnya.

Pasangan Herman Agus mengumpulkan 136 Voting atau 41,09 persen, kemudian diikuti oleh pasangan Jon Erizal - Raja Mambang Mit dengan 75 voting atau 22,66 persen. Selanjutnya adalah pasangan Achmad - Masrul Kasmy dengan voting 54 atau 16,31 persen. Berikutnya adalah pasangan Annas Maamun - Arsyad Juliandi Rahman dengan 38 voting atau 11,48 persen. Dan yang terakhir adalah pasangan Lukman Edy - Suryadi Khusaini 28 voting atau 8,46 persen.

Untuk meminimalisasi terjadinya pemilihan yang berkali-kali, setiap pengunjung riaupos.co hanya bisa memilih sekali untuk satu komputer atau IP.
Hasil ini tentu saja masih sementara karena riaupos.co akan terus melakukan polling ini sampai KPU menetapkan batas terakhir kampanye Pemilukada Riau.

Wednesday, 10 July 2013

SBMPTN 2013 Telah Diumumkan Oleh Kemendikbud

Para peserta yang telah mengikuti proses pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN tentu hatinya berdebar-debar apakah namanya ada dalam daftar siswa yang lulus dalam ujian SBMPTN.
Seperti yang dilansir dari situs berita inilah.com,
Kemendikbud akhirnya mengumumkan dari total 587.789 peserta SBMPTN 2013 yang tersebar di 62 Perguruan Tinggi Negerì seluruh Indonesia sebanyak 109.853 dinyatakan lulus SNBPTN, dengan rincian dari Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa berprestasi (BIDIKMISI) dari 55.975 orang diterima 13.975 orang. Sementara darì Non BIDIKMISI yang diterima 95.878 orang dari 529.814 orang yang terdaftar, jadi total peserta yang lulus adalah 109.853 orang.
Menurut ketua Pelaksana SBMPTN 2013 Akhmaloka, Jumlah yang dinyatakan lulus itu adalah para peserta yang telah mengikuti semua proses pelaksanaan SBMPTN 2013 yang dimulai pada tanggal 18 hingga 20 Juni yang lalu.

Nama-nama yang lulus akan diumumkan pada pukul 17.00 WIB, pengumuman ìtu bisa diakses lewat internet.
Inilah beberapa laman yang bisa diakses untuk mengetahui nama-nama siswa yang lulus SBMPTN :

sbmptn.or.id
sbmptn.itb.ac.id
sbmptn.ui.ac.id
sbmptn.its.ac.id
sbmptn.undip.ac.id

Tuesday, 9 July 2013

Survei LSI : 51,5 Persen Masyarakat Ragukan Moral Elit Politik

Penelitian yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia atau LSI tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap moral para elit politik Indonesia menunjukkan kemerosotan., dengan menggunakan quick poll pada 3-5 Juli 2013, LSI menyebutkan 51,5 persen masyarakat sudah tidak percaya pada komitmen elit politik untuk melakukan hal-hal yang baik dalam perilaku dan kebìjakkannya.

Sementara itu ada 37,5 persen masyarakat yang menyatakan masih percaya terhadap komitmen dan moral para elite politik.

Menurut Rully Akbar yang merupakan peneliti LSI, diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan demokrasi di Indonesia melalui perilaku elit politik apakah sudah sesuai dengan komitmennya atau belum. Dan hasilnya ternyata kepercayaan masyarakat semakin menurun seiring bertambahnya usia demokrasi di Indonesia.

Dari survei LSI itu tingkat ketidakpercayaan terhadap para elite politik lebih tinggi responden laki-laki dibandingkan dengan responden yang perempuan, ini dikarenakan responden laki-laki lebih peduli dengan berita-berita politik.

LSI melakukan survei ini dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dengan margin eror sekitar 2,9 persen. Survei dilakukan di 33 Propinsi dan dilengkapi dengan penelitian yang kualitatif, metode analisis media, Focus Group Discussion (FGD) dan in depth interview.
Para responden berasal dari kota dan desa, berpendidikan tinggi dan rendah, berstatus ekonomi tinggi dan rendah, laki-laki dan perempuan, atau singkatnya semua segmen masyarakat Indonesia.

Hasil Survei yang dilakukan oleh LSI itu semestinya menjadi cambuk buat para elit politik untuk lebih sungguh-sungguh dalam memajukan negeri ini, bukan hanya retorika belaka yang selalu digaungkan pada masyarakat, karena lama kelamaan pun masyarakat akan semakin cerdas dalam menilai perilaku para elit politik tersebut.

Monday, 8 July 2013

Keputusan Sidang Isbat, 1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 10 Juli

Tanggal 1 Ramadhan akhirnya diputuskan pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2013 oleh Kementeriaan Agama RI setelah melalui sidang isbat yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai ormas Islam. Sementara itu perwakilan Muhammadiyah tidak hadir dalam sidang isbat, karena ormas Islam terbesar kedua itu telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari selasa tanggal 9 Juli.

Keputusan sidang Isbat itu disampaikan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali setelah mendengarkan pendapat dari berbagai Ormas Islam dan Badan Hisab Rukyat Kemenag serta laporan yang terkait dengan belum terlihatnya hilal.
Semua pihak yang hadir dalam sidang isbat tersebut akhirnya menyetujui pandangan yang diberikan oleh Badan Hisab Rukyat dan laporan Menteri Agama yang mengatakan belum tampaknya hilal di 33 Propinsi di Indonesia.
Sidang isbat dihadiri Pejabat TNI POLRI, duta besar negara sahabat dan ormas Islam yang diantaranya adalah NU, PERSIS, ICMI, Persatuan Umat Islam, Syarikat Islam, Dewan Masjid Indonesia dan Kesatuan Islam Tionghoa.

Penetapan tanggal 1 Ramadhan tahun ini lagi-lagi terjadi perbedaan antara Pemerintah dan Muhammadiyah seperti pada tahun kemarin dan tahun-tahun sebelumnya, meskipun pernah juga sekali-sekali sama.
Namun masyarakat diharapkan menghargai perbedaan ini dan menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan perpecahan umat, agar tujuan dalam menjalani shaum Ramadhan tidak ternodai, dengan harapan tahun-tahun kedepan penetapan tanggal 1 Ramadhan bisa diselaraskan.

Friday, 5 July 2013

Quick Count Pilbup Parigi Moutong

Pemilukada atau Pemilihan Bupati Kabupaten Parigi Moutong atau PARIMO dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2003 hari Sabtu, ada empat pasangan cabup/cawabup yang akan bertarung dalam pemilihan Bupati untuk periode 2013-2018. Berikut ini keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati Parimo beserta partai pengusungnya:

Pasangan Cabup/Cawabup Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai , pasangan ini diusung oleh enam partai yaitu Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Gerindra, PKB, PDIP dan PKPB.

Berikutnya adalah pasangan Cabup/Cawabup Taswin Borman-Kemal Toana yang diusung oleh PKS, PPP, PDK dan PKPI.

Kemudian Pasangan cabup/cawabup Moh Nur Dg Rahmatu-Usman Yamin yang diusung oleh PBB, PPRN dan PDP.

Dan pasangan M Awalunsyah Passau-Iskandar Ilimullah yang diusung oleh 15 partai diantaranya adalah PBR, PPPI, Partai Barnas, Partai Republikan, Partai, Partai Pelopor, Partai Patriot, PPI dan PKDI..


Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Parimo berdasarkan Nomor Urut:

Pasangan Calon dengan Nomor Urut 1 adalah Taswin Borman - Kemal Toana.

Pasangan Calon dengan Nomor Urut 2 adalah Samsurizal - Badrun Nggai.

Pasangan Calon dengan Nomor Urut 3 adalah Awalunsyah Passau - Iskandar Ilimullah.

Pasangan Calon dengan Nomor Urut 4 adalah Moh Nur - Usman Yamin.

Hasil Quick Count Atau Hitung Cepat

Warga Kabupaten Parimo tentunya ingin mengetahui lebih cepat hasil pemilihan bupati Parimo tersebut, biasanya langkah yang diambil adalah mencari hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan oleh suatu lembaga survei Memang harus diakui, dengan margin eror yang hanya 1 persen saja, hasil quick count hampir selalu sama dengan hasil resmi, namun yang harus diingat, hasil quick count tetaplah hasil yang bersifat prediksi, karena hasil resmi tetaplah penghitungan manual yang dilakukan oleh KPUD.

Namun yang terpenting adalah, Proses pemilihan bupati ini bisa berjalan lancar dan aman, para pasangan calon dan para pendukungnya pun harus siap menerima siapa pun yang nanti menjadi pemenang.

Thursday, 4 July 2013

Pemilukada Kota Padang Panjang: Hendri - Mawardi Unggul Telak

Dikutip dari harianhaluan.com, Pasangan Hendri Arni - Mawardi Samah (HAMAS) berhasil memenangi pemilukada Kota Padang Panjang mengungguli pasangan calon lainnya.
Melalui Penghitungan cepat yang dilakukan oleh Bappilu PKS, hingga pukul 18.00 kemarin, pasangan Hendri - Mawardi berhasil meraih suara 43,92 persen, menyusul di tempat kedua adalah pasangan incumbent Edwin - Eko yang meraih suara 35,82 persen, kemudian di posisi ketiga ditempati oleh pasangan Sonny - Aldias dengan raihan 12,28 persen suara. Tempat keempat adalah pasangan Jon Enardi - Yurnalisman dengan raihan 5,43 persen suara dan di posisi terakhir adalah pasangan Yusyafnital - Yuheldi yang hanya meraih 2,56 persen.

Seperti diketahuì sebelumnya pada hari Kamis, tanggal 5 Juli 2013 adalah hari pencoblosan Pemilukada Kota Padang Panjang yang akan menentukan siapa yang akan menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kota Padang Panjang untuk periode 2013-2018. Sudah ada lima Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan bertarung memperebutkan simpati warga Kota Padang Panjang. Berikut ini kelima Pasangan calon yang akan berlaga di Pilkada Kota Padang Panjang:

Pasangan Sonny Jendriza Idroes dan Aldias Sastra, pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat. Sonny mempunyai latar belakang sebagai Pengusaha, dan Aldias sastra adalah seorang PNS di Institut Seni Indonesia Kota Padang Panjang.

Selanjutnya adalah pasangan calon Edwin dan Eko Furqoni yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Edwin adalah Wakil Walikota Padang Panjang, sedangkan pasangannya Eko Furqoni merupakan anggota DPRD Kota Padang Panjang.

Kemudian pasangan calon Yusyafnital dan Yuheldi, Paslon ini diusung oleh Partai Hanura, Partai Barisan Nasional, PKPB, Partai Persatuan Nasional, Partai Peduli Rakyat, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Matahari Bangsa, PNI Marhaenis, Partai Buruh, Partai Persatuan Bangsa dan Partai Pelopor. Yusyafnital adalah anggota TNI Angkatan Laut, sementara Yuheldi adalah seorang Birokrat.

Kemudian Pasangan calon berikutnya adalah Jon Enardi dan Yurnalisman Syam yang diusung oleh Partai Gerindra dan PDI Perjuangan, keduanya sama-sama berlatar belakang Wiraswasta.

Dan yang terakhir adalah Pasangan calon Hendri Arnis dan Mawardi, Paslon diusung oleh Partaì Golkar, PKS, dan PBB.
Hendrì arnis adalah Wakil Bupati Tanah Datar, sementara itu Mawardi merupakan seorang Kadis Kesehatan Kota Padang Panjang.

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota berdasarkan nomor urut :

Pasangan dengan Nomor Urut 1 adalah Yusyafnital - Yuheldi

Pasangan dengan Nomor Urut 2 adalah Sonny Jendriza Idroes - Aldias Sastra.

Pasangan dengan Nomor Urut 3 adalah Edwin - Eko Furqoni.

Pasangan dengan Nomor Urut 4 adalah Jon Enardi - Yurnalisman.

Pasangan dengan Nomor Urut 5 adalah Hendri Arnis - Mawardi.


Quick Count Pemilukada Kota Padang Panjang

Warga Kota Padang Panjang tentunya ingin mengetahui hasil pemilihan Walikota Padang Panjang dengan lebih cepat, maka harapan itu bisa terpenuhi jika ada lembaga survei yang melakukan Quick Count di Pilkada Kota Padang Panjang Ini, dan biasanya sih ada. Selain lebih cepat diketahui, hasil Quick Count juga hampir selalu sama dengan hasil penghitungan manual KPUD. Namun hasil resmi tetap pada penghitungan manual KPUD, karena hasil Quick Count itu sifatnya prediksi.

Harapan lain warga kota Padang Panjang tentunya Pilkada Kota Padang Panjang bisa berjalan lancar dan aman.

Wednesday, 3 July 2013

Quick Count Pemilukada Kota Padang Panjang

Kamis, tanggal 5 Juli 2013 adalah hari pencoblosan Pemilukada Kota Padang Panjang yang akan menentukan siapa yang akan menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kota Padang Panjang untuk periode 2013-2018. Sudah ada lima Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan bertarung memperebutkan simpati warga Kota Padang Panjang. Berikut ini kelima Pasangan calon yang akan berlaga di Pilkada Kota Padang Panjang:

Pasangan Sonny Jendriza Idroes dan Aldias Sastra, pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat. Sonny mempunyai latar belakang sebagai Pengusaha, dan Aldias sastra adalah seorang PNS di Institut Seni Indonesia Kota Padang Panjang.

Selanjutnya adalah pasangan calon Edwin dan Eko Furqoni yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Edwin adalah Wakil Walikota Padang Panjang, sedangkan pasangannya Eko Furqoni merupakan anggota DPRD Kota Padang Panjang.

Kemudian pasangan calon Yusyafnital dan Yuheldi, Paslon ini diusung oleh Partai Hanura, Partai Barisan Nasional, PKPB, Partai Persatuan Nasional, Partai Peduli Rakyat, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Matahari Bangsa, PNI Marhaenis, Partai Buruh, Partai Persatuan Bangsa dan Partai Pelopor. Yusyafnital adalah anggota TNI Angkatan Laut, sementara Yuheldi adalah seorang Birokrat.

Kemudian Pasangan calon berikutnya adalah Jon Enardi dan Yurnalisman Syam yang diusung oleh Partai Gerindra dan PDI Perjuangan, keduanya sama-sama berlatar belakang Wiraswasta.

Dan yang terakhir adalah Pasangan calon Hendri Arnis dan Mawardi, Paslon diusung oleh Partaì Golkar, PKS, dan PBB.
Hendrì arnis adalah Wakil Bupati Tanah Datar, sementara itu Mawardi merupakan seorang Kadis Kesehatan Kota Padang Panjang.

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota berdasarkan nomor urut :

Pasangan dengan Nomor Urut 1 adalah Yusyafnital - Yuheldi

Pasangan dengan Nomor Urut 2 adalah Sonny Jendriza Idroes - Aldias Sastra.

Pasangan dengan Nomor Urut 3 adalah Edwin - Eko Furqoni.

Pasangan dengan Nomor Urut 4 adalah Jon Enardi - Yurnalisman.

Pasangan dengan Nomor Urut 5 adalah Hendri Arnis - Mawardi.


Quick Count Pemilukada Kota Padang Panjang

Warga Kota Padang Panjang tentunya ingin mengetahui hasil pemilihan Walikota Padang Panjang dengan lebih cepat, maka harapan itu bisa terpenuhi jika ada lembaga survei yang melakukan Quick Count di Pilkada Kota Padang Panjang Ini, dan biasanya sih ada. Selain lebih cepat diketahui, hasil Quick Count juga hampir selalu sama dengan hasil penghitungan manual KPUD. Namun hasil resmi tetap pada penghitungan manual KPUD, karena hasil Quick Count itu sifatnya prediksi.

Harapan lain warga kota Padang Panjang tentunya Pilkada Kota Padang Panjang bisa berjalan lancar dan aman.

Monday, 1 July 2013

Quick Count Pilgub Malut Versi LSI

Pasangan cagub/cawagub Ahmad Hidayat Mus - Hasan Doa berhasil mengungguli lima pasangan lainnya dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara 2013 versi Lembaga Survei Indonesia (LSI). Pasangan dengan nomor urut 3 tersebut berhasil meraih 26,29 persen suara. Sementara posisi kedua diduduki oleh pasangan dengan nomor urut 5 yaitu pasangan Abdul Gani - Nasir dengan meraih 20,96 Persen. Menyusul diposisi ketiga ada pasangan dengan nomor urut 4 yakni Syamsìr Andili - Benny Laos dengan raihan 15,25 persen suara. Kemudian diposisi keempat ditempati oleh pasangan dengan nomor urut 6 yaitu pasangan Hein Namotemo - Malik Ibrahim dengan raihan suara 14,84 persen suara. Peringkat kelima ditempati oleh pasangan dengan nomor urut 1 yakni Namto Huiroba - Ismaìl Arifin yang meraih 12,53 persen suara. Sementara itu pasangan Muhajìr Albar - Sahrin Hamid yang merupakan pasangan nomor 1 harus puas berada di posisi terakhir dengan raihan 10,13 persen suara.

Karena tidak ada satu pun pasangan cagub/cawagub Maluku Utara yang meraih suara di atas 30 persen suara, maka pemilihan Gubernur Maluku Utara akan dilakukan dua putaran yang akan kembali mengadu dua pasangan teratas yang meraih suara terbanyak yaitu Pasangan dengan nomor urut tiga yakni Ahmad Hidayat Mus - Hasan Doa dan Pasangan dengan nomor urut lima yaitu Pasangan Abdul Gani Kasuba - Nasir Taib.